“Kemapanan” Sepoci Kopi.com

Hari ini aku cek Page Rank Sepocikopi.com sudah 2. Apa artinya? Artinya blog ini sudah semakin diakui Google karena dianggap penting oleh banyak orang. Page Rank (PR) adalah pemeringkatan dari Google untuk menilai pentingnya sebuah situs web bagi semua peselancar internet.

Range PR adalah dari 0 hingga 10. Situs-situs paling populer di Indonesia misalnya Detik.com dan Kompas.com, PR-nya 6. Situs-situs populer di AS (=global) seperti Facebook PR-nya mencapai 9. Businessweek.com 8. Dulu pada waktu awal-awal berdiri Sepoci, PR blog ini hanya 0 atau bahkan tidak terdeteksi google (tulisannya: “waiting”).

Dalam waktu 1 tahun, blog ini merangkak maju terus dan saat ini mungkin telah menjadi blog lesbian yang paling mapan. Kemapanan itu terlihat dari tampilan yang profesional, setiap hari ada update baru, jumlah penulis rutin yang semakin banyak (lebih dari 10 penulis yang semuanya berkualitas), situsnya ter-maintain dengan baik, para pengunjung yang datang dilayani dengan baik sehingga terus kembali, hal-hal ini terus menciptakan gelembung yang semakin lama semakin besar.

Sepoci telah melewati siklus yang dilalui oleh setiap brand dalam internet. Dengan melakukan hal-hal yang aku sebutkan di atas, me-maintain situs secara konsisten, semua situs akan tumbuh seiring dengan waktu. Apalagi dengan content yang terjaga mutunya, pastilah semakin lama semakin mapan.

Para penulisnya pun telah menjadi selebriti maya (Baca: Hantu-hantu dalam imajinasiku). Pada waktu yang sama pengunjung juga sudah mempunyai penulis-penulis favorit yang akan mereka klik ketika mengunjungi Sepoci. Dengan begini Sepoci telah mapan menjadi sebuah komunitas maya yang kuat. Aku yakin gelembung itu akan semakin membesar dan peringkat Page Rank dari Google pun akan terus meningkat.

Kemapanan ini tentu saja tidak dicapai dengan semudah membalikkan telapak tangan. Pemeliharaan situs web apa pun memerlukan konsistensi untuk berhasil. Setelah mapan, semakin banyak pula tantangannya. Akan ke mana Sepoci? Kita tunggu gebrakan Alex dkk selanjutnya.

Nuage

~ oleh tomatjuice pada Juni 27, 2008.

9 Tanggapan to ““Kemapanan” Sepoci Kopi.com”

  1. banyak jempol de buat sepocikopi, jreng deh!!!

  2. :)sepoci kopi emang hebat eiy:)…. kapan bisa nulis di sana :(( hiks… pengen banget….

  3. Sakura, blog mu juga okeh lho…makanya kita link di sini;). So kalo belum ada kesempatan nulis di sepoci, sila lho menulis di sini….kami akan senang banget nerima and upload tulisan-tulisan kamu. Yuk, nulis yang segar, lucu, and seru….:)

    warm wishes

  4. salam kenal, tomatjuice..

  5. salam kenal Arie.. you got a nice blog

  6. Kok saya baru tau ada juice tomat di sini? asin apa manis? Tapi tampilannya memang bagus. Bener deh..!

  7. Terima kasih Fe, udah mampir di blog gelap ini hehehe… Kami senang deh ada yang suka tampilan blog ini hehehee… salam kenal.

    nuage

  8. Gimana caranya ngirim tulisan ke sini? Harus prosa? Harus cengengesan atawa harus serius? Ini nanyanya serius lho

  9. Halo Fe,

    sorry ya baru membalas komenmu.
    silakan aja kirim tulisanmu ke email tomatjc@gmail.com. Bentuk tulisannya gak harus prosa kok, gak juga harus cengengesan atawa serius atawa gimana. Awalnya sih kita pengen tulisan yang nakal-nakal aja, tapi ternyata susah juga tuh untuk nakal terus hehehee. Jadi, makasih ya kamu berminat menulis bersama kami, kami tunggu ya emailnya.😉

    salam,
    nuage

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: