Butch, Andro, atau femme?

Aku paling sebel dulu kalau ditanyain kamu butch, andro, atau femme? Kalau dulu waktu jaman aku masih suka tepe (tebar pesona—red) kayaknya cuma ada b atau f? Sekarang kok ada tambahan satu lagi di tengahnya ya? Nggak ngerti.

Yang jelas menurut aku itu adalah kategorisasi yang tujuannya mensimplifly keanekaragaman saja. Supaya lebih simple, manusia suka memberi label. Agar mudah dipahami, mudah diingat, mudah diasosiasikan dengan referensi yang sudah ada di otak, kategorisasi itu memang perlu. Namun terjebak dalam kategorisasi yang terlalu kaku juga tidak baik.

Seorang temanku, sebut saja M, menyebut bahwa tipe dia adalah yang femme. Yang model kayak si ini, si anu, dan si itu. Itu masuk dalam kategori tipe dia. Yang model kayak aku, kayak si A, kayak si B, termasuk dalam kategori “yang bisa dipertimbangkan.” Tetapi kalau kayak si C dan sejenisnya, sama sekali gak akan masuk. Kalau dia jalan sama C, itu seperti pasangan homo.

Oh begitu. Jadi dia memasukkan aku dalam kategori andro. Definisinya ya, secara sederhananya: tidak masuk butch, tidak masuk femme juga. Kalau disandingkan dengan term jenis kelamin yang ada yaitu pria dan wanita, berarti andro itu masuk di tengah-tengahnya, bencong dong…

Andro berasal dari kata androgyn, dalam bahasa Inggris kalau gak salah berarti wanita yang memiliki sifat-sifat pria. Sebenarnya itu tidak buruk—tidak sama seperti penggunaan kata tomboy di masyarakat—artinya dia memiliki sifat-sifat yang pada zaman dahulu kala termasuk dalam sifat yang dianggap maskulin, misalnya asertif, berani, agresif, ambisius, dan banyak lagi.

Dahulu tidak pernah terbayang kalau seorang wanita akan melakukan pekerjaan-pekerjaan pria, wanita hanya mengurusi rumah tangga dan pria mengurusi bengkel. Namun sekarang peran itu sudah fleksibel, tidak harus selalu wanita yang di rumah menjaga anak, tetapi juga banyak wanita yang suka ke bengkel. Sifat-sifat seperti itu disebut androgynous, dan aku tidak tahu sejak kapan istilah itu digunakan dalam dunia lesbian.

Pendapat M yang mengatakan kalau dia jalan sama C itu bagaikan pasangan homo juga lucu. Ini berarti kita masih berpikir dengan cara hetero. Bahwa: yang butch harus pacaran dengan yang femme. (Artinya pria harus dengan wanita; atau ada yang berperan sebagai pria dan ada yang berperan sebagai wanita). Ini aneh. Lho bukankah kita homosexual, jadi yang wanita dengan wanita, yang pria dengan pria. Seharusnya yang femme dengan yang femme dong… Dan butch dengan butch kenapa harus jadi kayak homo?

Bingung kan? Bingung dan aneh, tapi itulah yang terjadi. Apakah kita masih sulit melepaskan cara berpikir hetero karena kita memang hidup di alam hetero dan terlahir dari orangtua hetero tentu saja? Atau memang begitulah yang alamiah, bahwa butch akan naksir yang femme dan begitu juga sebaliknya?

Aku pernah ditanyain juga: Kamu bisa juga sama yang butch? Aku jawab aja it depends. Sekali lagi, aku tidak suka kategorisasi yang membuat kita menjadi kaku. Tergantung pada siapa person-nya, kemungkinan itu bisa-bisa saja. Lagipula kadang bukankah sulit menggolongkan butch, andro atau femme di tengah dunia modern yang semakin androgynous?

Untunglah sekarang aku sudah jarang tepe-tepe. Sudah bukan masanya lagi. Jadi tidak mendapat pertanyaan yang menyebalkan itu lagi. Kalau pun sekarang masih ada yang nanya, aku akan jawab: “i am me. terserah elu deh mau masukin di kotak yang mana.”

Nuage

~ oleh tomatjuice pada Juni 25, 2008.

83 Tanggapan to “Butch, Andro, atau femme?”

  1. 🙂 kalo aku lebih suka bilang no label ajalah…. gak penting ini label… kalo dah ada label mah sama aja gak ada kesetaraan🙂 kalo femm dia harus ngelayani buchie dong…. nahhh sama ajo toh posisi cewek cowok… capek deh. Kesetaraan eiy… Hari gini label, gak penting🙂

  2. Sudah di Link …link balek makaish🙂

  3. iya hahaha interesting comment-mu, sakura. Thanks ya udah mampir di sini.

  4. Mau tanya dong…dulu “genderisasi” untuk kalangan lesbian disebut sentul dan kantil. Jika di Makassar disebutnya Harley dan Lines. Apakah Nuage dan Ratri tahu juga istilah lain di daerah lain? Dan sebenarnya sejak kapan sih kira-kira dimulainya penggunaan istilah menjadi Butch dan Femme, ditambah andro?

    Pertanyaannya banyak ya. Tapi sangat berharap dijawab oleh ahlinya. Tengkyu ya…

  5. Genduk yang manis;), istilah lesbian untuk ranah asli Indonesia dari berbagai daerah memang belum pernah diteliti secara serius. Namun pernah juga istilah “mairil” digunakan oleh pasukan perempuan di bawah kendali Laksmana Mala Hayati (Aceh), yang dalam sebuah fiksi sejarah (by Pandir Kelana), dikisahkan beberapa prajurit perempuan tersebut terlibat hubungan cinta dengan sesama jenis. Sayang sekali istilah dari daerah lain, sekali lagi belum banyak diungkap dan dikupas (Kelapa kaleeee):). Anyway, soal istilah butchie dan femme, di Indonesia mulai digunakan akhir ’99-awal 2000-an (bayangkan di Amerika mulai ’50-60-an), dan Andro banyak dipakai di Indonesia awal 2001-an. Munculnya sering dengan makin banyaknya teman-teman komunitas lesbian yang ber jejaring menggunakan internet/chatting.Ini juga berdasarkan pengalamanku lho, belum ada riset resminya;). So Nduk, next time bikin riset bareng soal ini yuuukkkk.

  6. apa perlu suatu label pada lingkungan kita? apa dak membuat suatu batasan dalam berhubungan? dan apakah suatu label sangat di perlukan dalam mencari suatu pasangan?

  7. wah saya setuju banget sama hal ini. tapi kalau saya pribadi sih, selama dia menarik dan cocok, saya tidak peduli dia butch, femme, atau andro.

  8. yah itulah patriarkhi yang dr kecil sudah dijejali oleh orang tua-tua kita..

    anyway, bukannya mairil itu mengarah pada hubungan sejenis di pesantren.. terutama pesantren laki.. yang diartikan kakak is atau adik is (baca is: istimewa..)

    hidup NL, dan jgn mau terjebak dalam pelabelan patriarkhi..

  9. akU puNyA temen yang udah diceritain di atas ..

    tapi kalo menurut aku dia itu butch..

    tapi aku ga ngerti dink…

    gaya dia udah kaya laki2..enn dia nyari yang femm..

    aku dulu juga penah satu kali jd pacar dia ..
    gag bertahan lama siiihh..cuma 4 harii…
    bayangin neng cuma 4 hari..

    and now kita musuhan gara2nya aku ngejekin dia ..
    kalo dia butch yang lembek ..alias gag bisa berantem ..

    aku pernah nonjok dia..
    tapi dia gag bisa bales..

    dia kalah .. kalo menurut aku !!!

    DUNIA yang ANNNNEEEHHH …!!!!

    gue ndukung loe bwt jd andro lah .. butch lah .. femm lah..

    be your self …

    Thengkyu……

    • tau gk dy bukan lembek sob
      tp dy syng m qm
      coba lau qm buchi jg
      pasty dy ngelawan cz 1 JENIS
      sm2 TOMBOY
      tp qm kan femme
      malah bgus tc buchi qm g kasar m cwe
      ya knpa gua bilang gn gua jg g brani ngelawn femme
      kasian lau di lawan abis tc femme

      • ea sob gua setuju klo ada B kasar yg bner aja kagak malu ap B kasar sama F ????

    • hahha…..ceritanya lo tu kan femm dia…org yg dia syang….
      mana mungkinlah dia nonjok lo…..
      hahahah..ada” ajha…..
      …itu berarti kmu g” ngerti posi” dia

  10. Dunia baru nih buat gue…. thanks buat pencerahannya…

  11. gud post…

    saya sebagai femme mennanggapi dgn baik tulisan kamu,,

    hehe… saya pun tak sengaja menempatkan diri saya di posisi femme, di komunitas yang membentuk saya menjadi femme… dan di kalangan fem pun sekarang juja sudah ada sebutan f2f,,,

    hhe femme2femme

    mindset femme harus melayani butch sepertinya mulai bergeser mba..

    thx.. ^,^

    • gk jg tc femme hrs ngelayan nin buchi
      malah sekarng femme pcrn m andro ya kan
      cz mreka sm2 femme tp mreka jg hrs jd andro
      andro (cwe femminim yg tingkah cowk)
      jd jgn bilang buchi bkal k e geser sob

  12. Sekian lama jd belok gw tetep andro

  13. aneh2 y..tp aq t’tarik jg ma hal yg kyk gn..bs ksh taw aq detail na..hehhehe..tengkyu

  14. huaww kerrenn ..makinn menyebarr luass aja trnytaa buci andro femme

  15. YAYYA..
    femme memang d.best……….
    aq s7 ama f2f di dunia L

    • Beberapa keunggulan FEMME , semoga dicatatanku ini bisa menberi balasan buat DECY yang mengatakan fe,,e memang the best . dAn aku juga hanya semuanya tidak menlai label dengan kata batasan tp hanya sebgai bentuk pelurusan saja agar tidak selalu kata lesbian untuk kita .

      Bingung mau nulis apa , ada penelitianku yang sedikit konyol , langsung saja dah! ……..

      LESBIAN = SEJENIS
      Menurut label : BUTCHIE , FEMME , ANDRO
      BUTCHIE = Sebagai COWOK
      FEMME = Sebagai CEWEK
      ANDRO = No Label ( Sebagai CEWEK bisa , COWOK juga bisa )

      Bila suatu hubungan itu adalah BUTCHIE VS FEMME
      Berarti ada 2 jenis , yaitu COWOK VS CEWEK , Tu kan berarti kita bukan sejenis n bukan lesbian

      Bila suatu hubungan itu BUTCHIE VS BUTCHIE / FEMME VS FEMME
      Berarti hanya 1 jenis , yaitu COWOK VS COWOK / CEWEK VS CEWEK , Tu kan berarti sejenis n lesbian

      Aku berpikiran n menarik kesimpulan seperti itu karena aku lihat dari orang2 yang aku kenal selama ini .
      Aku jarang bgt menemukan , atau malah hanya 1 pasangan dari banyak pasangan kaum belok yang abadi tau bisa dibilang hidup serumah itu adalah BUTCHIE VS FEMME , malah mungkin paling lama pacaran hanya sekitar 5 thn , tu paling dasyat . malah ada yang hanya hitungan hari , banyak bgt .

      Tapi kalau BUTCHIE VS BUTCHIE / FEMME VS FEMME , aku sudah banyak melihat dan malah berteman sama mereka , serumah dan benar2 abadi , alasanya :
      1 . BUTCHIE VS BUTCHIE , Sama2 sulit buat terima COWOK TULEN ( NIKAH ) , keberanian buat hidup serumah sangat kuat , saling mengisi , memahami dan menjaga , malah dalam hubungan Sex bisa sangat2 saling memuaskan karena saling mengerti dan membutuhkan . Sedikit yang menjawab juga , bila jalan bersama pasangan , mereka tidak dicap kaum lesbian karena sama seperti cowok . Masalah stia tidak diragukan lagi karena saling membutuhkan untuk menjalani kehidupan . Banyak juga yang bila krn femme tidak bisa tau malah sulit buat diajak hidup berdua .

      2 . FEMME VS FEMME , sama halnya seperti BUTCHIE VS BUTCHIE , hanya saja yang membedakan , kebanyakan FEMME VS FEMME itu dibelakang pernikahan tau malah sesudah menikah dan memiliki anak . Jadi 2 Femme sudah menikah , tapi sama2 selingkuh dibelakang suaminya atau 2 femme sudah menikah , cerai dan punya anak trus menjalin hubungan . Itu semua lebih abadi cos femme yang serumah dengan femme tidak akan menerima cercaan karena sulitnya dilihat mata , apa lagi bila masih ada ikatan nikah , pasti rahasia lebih terjamin .

      Ya itulah segala penelitianku . dan disini aku membenarkan ANDRO . karena andro fleksibel , bisa jadi femme bila pacarnya femme dan bisa jadi butchie bila pacarnya butchie . andro juga sulit dilihat .

      Dikomunitasku , bila ada B VS B tau F VS F , tau Andro . ditertawai habis2an , aku coba jelaskan tp mereka bilang B VS B tau F VS F , tau Andro itu ” ANEH ” .

      Semoga dengan membaca CATATANku ini , pemikiran jadi bertambah dan tidak mendiskiminasikan B VS B tau F VS F , tau Andro .

  16. Gu mw tanya dun. !
    Gu bru kali ini ada kta Femme,butchi,nd Andro. !
    Tolong jlasin 1 per 1 dun. .

    Truz ’bout duni NL ap it. ??
    Thnx be4. . .

  17. Gu mw tanya dun. !
    Gu bru dngr kali ini ada kta Femme,butchi,nd Andro. !
    Tolong jlasin 1 per 1 dun apsii arti’e. . ?

    Truz ’bout dunia NL ap it. ??

    Thnx be4. . .

  18. hyyyyyyyyyyy
    gue butci umur Gw br 16 thn,gw punya gf temen sekelas gw,,awalnya iseng2 doang coz gw ngira dia gak bakal nerima gw wong dia normal kok…n yang gw gak nyangka ternyata dia nerima gw….y udah kita jalani aja,,sekarang gw masih sama dia n kami enjoy2 aja tu,malahan dia seneng banget kalo jalan bareng sama gw,,,
    secara kalo gw prgi brng dia gw pke jens cowok n kemeja di tambah lagi gw suka pake sepatu,,,n gw juga hoby bawa motor gede,,,malahan dia sering cemburu kalo gw di gangguin cewek2 UP yang lain,katanya sich dia takut kalo gw ninggalin dia……….
    heheheheheh
    sayang aku gak akan ninggalin kamu kok,,,i love you vorever
    semoga aja kamu baca juga isi hati aku ini

  19. ok……………..
    gw pergi dulu ya……
    sayang gw udah datang tu,,,,biasa tadi gw temenin dia ke salon jadi umpan nyamuk di depan,,,jadi gw ngotak ngatik hp de…..

  20. bbbyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy

  21. duniadunia kayak gini emang ngebingungin..
    hrs brdasar label lahh..
    aku sempet disbut B2B ato BH alias Butch homo..
    kan anehh???
    trus buat dapet pasangan musti milah mlih gtu?
    klo aku ci asal dia mnarik ga jd masalah..

  22. hmmm…klo B2B dibilang aneh, yg bilang gitu yg aneh
    suka ngerasa aneh klo harus sesuai pakem B2F……trus yg A gimana?
    bingung, susah bgt dpt temen L,bingung nyarinya dimana….. temenku straight semua….jd klo ada mslh dipendem sndirian

  23. agak ketinggalan yah komenku…
    welll… itu juga pernah jadi riset bwt aku (cee riset)…
    kita lesbian ; pengertian seorang lesbian adalah perempuan yg berorientasi sexual dengan perempuan. so ga prlu lah mengharuskan b2f. mau b,a,f bahkan nl sekalipun adalah perempuan. itulah makna jadi seorang lesbian. skrg aq stay bareng dng se2orang yg teramat butcie. klo dia disuruh ma b.wew 100% dia ga bs.krn dia tmbuh n dituntut oleh lingkungan n kluarga utk jd seorang laki2/b.n laki2/b partnerna adalah f. krn b adalah laki2/gambar laki2 itu mindset yg slama ini dipahami na.
    kok masi ada gambar laki2 di dunia perempuan kita gt loh.tp kmudian dia memahami kmbli adalah seorang L itu yg f2f.nah loh bingung kan?.trs yg b2b gmn nasipna?. knp kita mengkotak2an diri kita sndiri. b,f,a ato nl kita tu 1 PEREMPUAN ALS WANITA.
    well mau B2F,B2B,F2f dll dkk na … kalian n kita adalah kaum perempuan. jgn mngkotak2an diri lg!

  24. klo soal label sich itu tergantung dari kita yach….tp bgi sy buchi itu kbnyakan dari sy liht dan rskan dr tmn2q kbnyakan suka melontrkan kata2 kotor,suka mnum2 beralkohol,dan perokok,,,dan bgi sy lebih bagus femm 2 femm…dibanding buchi dan femmm dlm mslh berpcran….

  25. emm. qu baruu nih di dnia spt ini… kenalnya juga krn q ngrsa nyman ja ma tmen cew.qu … untung ja, saat qu blg qu ska m dy, dy bs nrima.. en skrg bru proses pdkt,, hehe… ga tau juga ni msuk ktegori mna???

  26. wahh ochaa, i can smell love in the air.. welcome then..😉

  27. ikutan gabung nich…aku ikut terjun didunia ini baru beberapa hari yang lalu karna aku ngerasa ada feeling yang beda sama perempuan.dan aku masih belum negrti dengan istilah belok.dan aku baru jadian dengan “dia” 3 hari yang lalu dan aku ngerasa sayang banget>Tapi beberapa hari ini dia ngga bisa dihubungin.apakah belok itu arti lain dari lesbi??

  28. i’ve been on that world too . but i think i’m not gonna fit in . secara tampilan luar gua butchh , tapi dalemnya ceweeeek bangeeet ! ada femm yg jadi cwe gue malah , tapi gw berhenti dari L world . yaah , it’s like something that i’m not feeling good in🙂

  29. kalo gw ky’ nya BUTCH bgt dh….
    hehehe…
    sory y gw gr..

  30. lucu🙂

  31. heii miss3..😉
    iya, banyak psti nanya awalny gitu, ‘lo belok ato lurus?’
    nah tinggal dijwb deh. oo baru.. harus ada adat istiadatnya tuh..
    eheheee.. ;p

  32. yee ..
    anak8 koleb🙂
    ikutan ahh ..

  33. Mnurut aq kLo B2B iTu aneh aja.,.,.,
    Skrang kan B itu B.jiwa Pria..
    Tar kLo B2B Kan Sama aJ dGan Homo…
    yA gAk.,.,.,???

  34. ha,,,
    trnyata bnyak jg yang kyk gni..
    Q bru tau..

  35. jangandh gthu dung fresia,,,w juga B to B,,,,

  36. gw mah bingung ya, kok bnyk bgt yang suka swesama jenis..
    ga takut dosa apa?

  37. hy,,gw punya pengalaman nih.gw itu masuk kategori butch,yg so pastinya jadian sama femme.tapi pacar gue juga pacaran sama cowo yg asli cowo..yg gw pengen tanyain,,femme gue tu apa ada nama laennya juga??slain andro,,femme tapi gak mungkin dy butch soalnya dia cuma suka sama yg maskulin doank..tolong dijelasin ya..soalny gw bener2 bingung..
    thanks..

  38. haduh bikin mumet kpalaq ja se, ampun dije..
    that’s all your life guys, so god bless you! slm knl bwt dunia yg br aq knl ne, hehehe.. piss loph deh.. @

  39. klo aq femm ajj…aq lebii suka butch ato gg andro butch ,,,

  40. label itu cuma peran dmana yang bertanggung jawab siapa , yang berperan siapa .
    emang gag penting kok .
    label itu d pake saat lo udah menjalin hubungan sama pasangan loo .
    biar statis aja ,jadi gag ada yang salaing mengandalkan.

  41. gUa jgaa feme baruu..
    gw ngnal duniaa nii dr abang gw…
    awal y sii aneeh ma duniaa koleeb tp ktularaan jgaa stlah gw ngrsaa klo hal tuu duniawii mnruut gw dah ga bysaa dgr kta belok …
    soal y sblum y prgaulaan gw brkomunitas belok smwaa…
    pcr prtma gw bucth..
    tp skrg gw pcran ma androo,,,
    ga ngrtii dah ma prsaan gw n aneh y ortuu gw no coment ma idup gw yg belok…
    knpaa gua bsa syg ma b ato a..
    kya y dah ga da niat buad jd L lgii..
    smbuh ga yaa guaa?

  42. i’m femme🙂
    i like belokk balikpapan comunitty

  43. aq sk yg tomboy

    butchy or andro buth

    kan lbh enak klo beda label

    tp ad jg yg blng gni “klo mw jd beloq yg total aj,ngapain gf an ma buth yg tingkahx kyk cwo.klo gt skalian aj pcran ma cwo”

    tp aq g doyan fem tp jg g doyan cwo.mwq yg buth xixixixixi..

  44. Mau b2b,f2f atau apalah itu kalo udah cinta ga pandang label. .Tapi baiknya yg kalo b itu ama f, so si b it kan bisa ngelindungi f, nah kalo f sama f kalo ada apa2 repot kan.

  45. ini maksud ny lesbian kan? Setauku, Butch, Femme… itu jenis” cewek lesbian. ada juga yg nama ny futch, artinya gak terlalu butch ga terlalu femme. dan memang. Kalau kamu liat di wiki atau google biasa ny kalau km search butch, itu artinya cewek tomboy yang lesbian sedangkan femme itu cewek girly yg tetep aja lesbian. ini memang ga nyambung , tp pada dasarnya dalam kehidupan sosial butch dan femme adalah istilah cewek lesbian. dan INTINYA, Femme itu seharusnya berpasangan dengan butch dan sebaliknya. tapi dalam beberapa kasus memang ada yg butch dengan butch atau femme dengan femme… so… Its all about LESBIAN

  46. aq seorang femme……susah bgt bwt ngilangin niih….tlng donk…

  47. hola..hola..hola…..!!!

  48. hermmmm….menarik juga topiknya🙂

  49. Ass. Ini hanya pendapat seorang BUTCHIE yang berlahan menjadi transgender . entah masih dianggap lesbian atau lelaki .

    Sejak kecil aku tak pernah mengenal yang namanya lebel , hanya setelh ku menjadi transgender , aku au label2 dalam dunia lesbian .

    tapi bagiku . aku tak pernah menganggap duniaku ini belok, koleb, menyimpang taupun lesbian . aku selalu beranggapan bahwa aku normal , layaknya manusia yang ada dijlannya . jadi aku berpikiran kalau pasangan itu selalu lelaki dan wanita .

    bila masih ada yang beranggapan wanita dan wanita , itulah sakit dipikirannya . suatu hubungan walaupun sedikit bgt pasti ada yang cowok dan cewek , itulah anggapan saya .

    pmbentukan kata lesbian adalah berasal dari diri kita sendiri yang masih merasa berstatus lesbian karena mencintai sesama wanita . tp kata lesbian tu akan hilang bila kalian menganggap pasangan kalian adalah lawan jenis .

    Contoh :

    Dengan sangat tegas , dl ada seseorang bilang pada salah 1 pengunjung cafe dan cafe saat iu sangat padat pengenjung . karena sang pengunjung melontarkan hinaan di muka dia ( ADA lesbian nih ) . Dengan keras dia menjawab ( Siapa yang lesbian ? , aku cewek dan sepanasnya aku berpasangan dengan lelakiku dan inilah lelakiku ) .

    Sejak saat itu dia dicafe itu memiliki banyak teman , dan semuanya segan padanya .

    TEGAS , KBERANIAN DAN JUJUR SERTA TETAP BERPIKIR KALAU KITA BUKAN LESBIAN adalah kekuatan kita .

    Jangan jadi Lesbian MUNAFIK . DAN LABEL ADALAH PENTING BGT .

    Hanya saja aku tak menyukai yang namana ANDRO ( Maaf ) krn bagiku tak memiliki prinsip .

    TERIMA KASIH .

  50. NITIP PEMIKIRAN YA . SEMOGA BERMNANFAAT BAGI YANG BACA .

    MAKASIH .

    Ketakutan ini semakin menggerogoti siap inci kekuatanku . Aku semakin lemah dibuatnya . Ketakutan ini merubah perlahan stiap langkah dan mimpi . AKU TAKUT ………………………………………..

    Mimpiku membawa GADISKU hidup berdua . Kini semua orang telah tau kalau aku bukan pecinta lawan jenis , termasuk keluarga besar . Bangga ?…………….. , G , Aku malah semakin sakit .

    Stiap nafas aku berpikir , mungkin ini juga jadi mepikiran kaum sepertiku ( L ) .
    Akankan aku siap hidup berdua dengan gadisku ?
    Siapkah aku membahagiakannya ?
    Bagaimana dengan keluargaku dan keluarga gadisku ?
    Apakah demi atas nama cinta aku relakan semuanya ?

    Aku berpikir :

    Kini keluargaku sudah tau , sakit rasa mereka . Pasti tp hanya diam yang mereka bisa perbuat dan mempasrahkan semua keputusan padaku . Trus aku suatu kelak nanti aku ingin hidup berdua sama gadisku di suatu rumah dan meninggalkan semua keluarga . SANGGUPKAH ?

    1. Bila nanti aku dan gadisku hidup berdua tanpa sanak keluarga . Bila salah satu dari kita mati , siapa yang akan menemanin yang hidup ? Pastinya yang hidup akan sendiri . Ya kalau yang mati dulu dia , mungkin aku masih bisa bertahan hidup karena jiwa lelakiku yang kuat tp bila aku yang mati dulu , dia akan sangat takut didunia ini karena banyak lelaki yang siap menyergap dia hanya untuk nafsu . Dunia ini kejam .

    2 . Bila aku dan gadisku kabur dari rumah dan hidup berdua bahagia , gmn dengan keluarga yang ditinggalakan ? Bila punya adik seperti aku dan bila nanti adikku akan menikah dan si mertua bertanya , dimana kakakmu ? mau dijawab apa ? dijawab kabur dari rumah n hidup sama seorang gadis , mertua mana yang akan merestui anaknya menikah dengan keluarga yang salah satu anggotanya begitu tak jelas . kalau hari raya ada perkumpulan keluarga , orang tua pasti akan sangat malu .

    3 . Hidup berdua dengan gadisku , senang bgt bila bisa berikan kelayakan buat dia , bila tidak ? aku sebagai butchie yang bertanggung jawab atas biaya hidup istriku harus benar2 siap . padahal hidupku sendiri juga susah . mampukah aku bahagiakan dia dan mampukah aku hancurkan masa depan dia . dengan aku mengajaknya hidup berdua itu berarti aku mengajaknya untuk tidak menikahi laki2 dan meninggalkan keluarganya , serta membawanya kedalam lembah dosa yang stiap saat tercatat . Mampukah aku menyelamatkannya dari api neraka atas nama cinta dan akankah cinta yang kita perjuangkan ini akan membawa kita tetap bersama dialam kedua nanti .

    Mereka2 yang cuek akan semuanya pasal yang aku tulis atas dasar pemikiran hati nurani , akan tetap bilang ” Yang penting kita sama2 mencintai n mau hidup berdua ” dan mungkin yang berpikir secara jauh serta memikirkan semua orang , pasti ketakutan diatas akan mencengkeran hati dan pikiran .

    Mencintai adalah memberi kebahagiaaan . Yang sudah dilalui , sekarang dan masa depan . Bukannya demi nama cinta yang akan malah menghancurkannya .

    Aku sendiri bingung dan masih ragu atas semua yang aku putuskan . Semoga tulisanku ini bisa sedikit membuka pemikiran dan pemahaman baru .

  51. kalo gua, kayaknya gk bisa ninggalin dunia ini
    soalnya, walaupun udah pisah sama sang femm atau pacaran ma cowok tulen, tp setiap melihat wanita yang menarik, akan ada rasa ingin mendekati wanita itu ..
    kalo mnurut gua, satu satunya cara yaitu menghilangkan semua wanita di bumi ini, sisakan semua laki lakinya .. apakah bisa?
    ya, jawabannya gk mungkinlah ..
    bingung juga,, nginget mati, trus harus mempertanggung jawabkan semuanya .. padahal rasa itu gk bisa ilang ..
    tp go kaum L, fuck buat yang menghina kaum L !!

  52. kenappa yya muzty adda andro sgalla ?
    kdang” bingung jugga meng kategorikaann andro ituu ,,
    karna femm enggak butchyy jgga enggak !!!!
    gmnaa yangg bnr tuhh ?

  53. cariin w donk fem

  54. cariin w donk fem…

  55. cariin w fem donk

  56. klu boleh tau gf itu apa yah ??

  57. yg femme kenalan donk sama g bucthy. hub 083897696367 all salam kenal.. g bucthy baru .. anak jkt. ingin gabung sama kalian smua. ^_^ contact me yah

  58. yes I agree. .
    mw dsebut f kah ato b kah. . .yg penting qT jd dri sendiri
    just be mY seLf

  59. Ikut nimbrung yaaaa..
    Gf tu girlfriend : pacar, sebutan khusus in belok world
    hahaha

    jujur ak udh bulat keluar dari belok world. Tapi tetep, ak ngerasa beda kalo liat cewe yg bikin ak tertarik. Terutama butch. Haha

  60. apa c artii darii andro ttuh ??
    kata tmen andro ttuh gg jelass .

    malah byasa.a .
    d cap jeleg gto ..

  61. pengen punya butch yang sayang ma aku…

  62. gf=girl friend

  63. kku butchiie ..

    tau gg knppa orng d.indo nyebut gg normal.. mlah nybt.a ‘ bellok ‘ atau ” kolleb ” ?
    apa krna belok itu pmikirn kita yg d.anggp mnyimpang atu krna appa ?

    sjak kpan orng d.indo pke kta ” belok atu kolleb ” ?

  64. gue sneng bsa jdii buchi .
    awalnya si cma pgn cba” eh mlah k’trusan ..
    yg gue ngrti si gf itt bsa d sbut fem bsa jga buchi .

  65. gw ud bc smua obrolan ini urut dr atas-bwh dg cukup sabar ,, well mnurut gw lebel itu relatif yah ,, tiap org kan beda ..
    qt smua cw ,dan harusnya saling ngerti .. itu kyk’a lbh penting lah ..
    gw sndiri femme , tp gw gkan mslh jk suatu saat dpt gf femme jg ..

  66. hELLo gw gay…

  67. MenuruT gw kLo cwex suka cwe tu krn ada jiwa maskuLin dLm diri si cwe Itu(baik femme aTo andro).cuma mungkin keLaki2an dia Tdk se bLak2an buTchi. Hanya dLm sisi pnampiLan dia Tetap sbg wan!ta femin!n. SperTi haLny prbedaan anTara Gay dgn waria. Aku seorang G, aK pciNta Laki2 Tp aK bukaNLah war!a_ dLm brkeh!dupan sosiaL aK Tetap brperangai sbg LeLaki biasa lelaki pd umumnya…

  68. yoi shiph

  69. WHO I AM? THIS IS ME… I JUST WANT TO BE MYSELF.
    Aku hanya bisa menjadi apa yang bisa kujadi. Aku tidak akan pernah bisa menjadi seseorang yang bukan diriku. Walaupun aku akan dicela, dihina aku tetaplah aku. Karena aku yang akan mengatakan ” inilah aku “. Karena hanya aku yang bisa tahu siapa diriku. Dan karena hanya aku yang sanggup menjadi diriku sendiri. Tidak kamu atau dia. Karena kamu atau dia bukanlah aku.

    (menurut aku sih, yang namanya lesbian yah cewek ama cewek(femme ama femme) kalau tomboy atau biasa dibilang butch, telah menganggap dirinya cowok. So, menurut aku, kalau b2f sama aja dgn normal bukan lesbian, HANYA saja jenis kelamin butch masih cewek. Makanya dimasukan dalam kategori lesbian.)

  70. topiknya bguss tuh🙂
    emg sh label tuh gpnting kLo udh sama” syg.
    aku dr fem jd butch, dn gprnh tau ttg andro …

    penulisnya siapa nihh?🙂

  71. gw B.. gw setia bgt sama F gw..
    malah rencana mau nikahin F gw.. si F si udah setuju tapi gw nya bingung kalo gw nikah normal gak sah.. secara sama” cwe..
    masa harus pindah agama baru nikah.. ckckck..

  72. hahaha, . .
    Ce tulen ma ce tulen, .
    Co tulen ma co tulen, .
    Trus gmana cara punya anak nya, . .
    Srry udah ikut campur ma dunia L, .
    Aq sebagai co setuju2 ajha klo para ce mw berhubungan ma ce, .
    Tp apa gk kasian nant kalian gk ada keturunan, .
    Memang sih klo berhubungan ma sesama jenis tuh enak,co vs co,ce vs ce, .
    Lbih mengerti perasaan,dn lebih mengerti rasa, .
    Tp coba, .carilah pasangan yg bukan sejenis, .co vs ce,ce vs co, .
    Jadi kehidupan ini lebih seimbang, .
    Tp jika tidak mau meninggalkan dunia kalian, .
    Coba diskusikan dengan pasangan anda,jika anda memiliki kelainan/perasaan yg lain jika berhubungan dengan sesama jenis, .mungkin pasangan anda akan merasa marah/apa lah, .tp coba jelaskn,bahwa itu adalah perasaan yg tak dpt dihilangkan, .dn katakan pd pasangan anda,jika anda tetap mencintai dia(pasangan anda (lain jenis))walau pun anda melakukan hubungan dengan sesama jenis.
    Hehehe, . .
    Mungkin itu yg isa aq ksh dikit buat kalian, .
    N7ratus@gmail.com

  73. haaaaaaaaaaaaiapp saya androo jugaa ^^

  74. kalo udah ngomongin mati dan dosa2 yang harus di pertanggung jawabkan nantinya emang kita jadi speachless . .

    jadi warga negara yang open minded aja deh . .

  75. asli lho…bnyk bngt lines di fb..gw ampe susah ngebedainnya

  76. stelah 11 taon jd buchi 9w baru bnr” ngrsain yg nm’y takut.
    smua rasa takut grogotin hati 9w (jiiaah kaya rayap)
    hemm.. 9a tau nie m0 smp kpn 9w kaya ginee ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: